Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Spesial

Resep Cara Membuat Cumi Asam Manis Spesial – Lezatnya ikan cumi yang diolah dengan bumbu bumbu nikmat asam manis menjdai olahan spesial yang begitu menggoda selera makan anda, Ditambah lagi rasanya yang sangat lezat yang membuat keroncongan preut anda jika menyantap kuliner ini.

Selain itu juga makanan seafood ini sangat mudah sekali dalam mengolahnya apalagi dari bahan bahannya juga mudah sekali didapatkan sehingga dengan mudah pula anda bisa membuat olahan masakan indonesia ini dengan spesial sesuai dengan selera makan anda.

Cita rasa yang disajikan dari aneka resep masakan ini merupakan sesuatu yang sangat menggoda bagi siap saja yang melihatnya, Karena memang cumi yang segar dan bumbu yang lengkap terasa manis namun asam sangat kental sekali dengan kuliner yang satu ini.

Gambar Resep Cumi Asam Manis

Bahan

Cumi segar 1/2 kg saja
Minyak goreng 2 sendok makan
Gula pasir 1/2 sendok kecil
Air jeruk nipis 1-1.5 sendok makan
Air bersih secukupnya
Garam dapur 1 sendok kecil
Serai 2 batang

Bumbu

Kecap secukupnya
Bawang putih 2 siung saja
Buah tomat 1 pcs saja
Cabai merah besar secukupnya
Bawang bombay 1 pcs
Jahe 0.5 cm saja
Cabai rawit secukupnya
Saus sambal
Daun bawang 1 batang saja
Bawang merah 10 pcs

Cara Membuat

1. Bersihkan cumi dari kulit luarnya, Dan cangkang kepala dan tinta kalau masih ada.
2. Lalu potong potong cumi dengan besar sesuai keinginan lalu cuci bersih dengan air mengalir dan tiriskan.
3. setelah itu tuangkan air jeruknya lalu lumuri cumi yang sudah dipotong sampai rata untuk menghilangkan bau amis yang kemungkinan yang masih nempel.
4. Kemudian diamkan sebentar (kurang lebih 13 menit).
5. Jangan lupa siapkan penggorengan dengan api sedang kecil kemudian beri minyak goreng secukupnya.
6. Terus masukkan bawang putih, bawang bombay, bawang merah, daun bawang, tomat, cabai merah, cabai rawit, batang serai dan jahenya. lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisannya.
7. Selanjutnya masukkan daging cumi yang sudah dipotong, saus pedas (kalau suka), kecap manis sedikit saja, gula pasir dan garam dapur beryodiumnya. Lalu aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
8. Terus tuangkan air sedikit saja dan aduk aduk kembali sampai semua bahan matang sampai 10 menit.
9. Jangan lupa icipi dahulu dan tambahkan garam, gula atau kecap bila perlu.
10. Dan hidangan cumi asam manis spesial siap disajikan.

Bahkan bisa dikatakan juga sebagai santapan istimewa dari seafood yang lezat seperti resep asam manis yang sangat cocok sekali dijadikan racikan bumbu bagi makanan seafood indonesia yang dikenal sangat beragam ini dan yang pastinya sangat enak spesial sekali jika dihidangkan menjadi menu spesial untuk keluarga.