Resep Sambal Belacan Ulaman Spesial Ramadhan

Resep Sambal Belacan Ulaman Spesial Ramadhan – Bisanya cara membuat ataupun menyediakan racikan sambal itu terpaku pada bahan dasar ataupun bahan pokoknya saja, Tetapi berbeda dengan sambal yang satu ini, Dimana kombinasi antara ulaman atau lalapan sudah pasti ada saat membuat sambal belacan ini.

Meski agak sedikit asing di telinga, Tetapi kepopuleran sambal jenis ini di mata kuliner dunia sudah hampir di pastikan ada di setiap jamuan makan bersama baik di indonesia maupun di mancanegara, pedasnya sambal di tambah dengan komplitnya lalapan menjadi ciri khas dari sambal belacan ulaman ini.

Apalagi jika di hidangkan di waktu-waktu tertentu seperti saat buka puasa ataupun sahur bersama keluarga, Menuangkan resep masakan seperti sambal ini layak kiranya untuk lebih menggairahkan suasana santap bersama. Dan berikut bahan lengkap dan cara membuatnya.

Resep Sambal Belacan Ulaman Spesial Ramadhan

Bahan

30 gram belacan
5 buah cabai merah
5 buah cili padi
150 gram bawang merah
150 gram tomat
4 sendok makan jus Kalamansi (dari 6 – 7 jeruk nipis)
1 sendok teh cuka
1 sendok teh gula

Cara Membuat

1. Panggang belacan dengan sedikit minyak di wajan
2. Tambahkan bawang merah, cabai, tomat & terus digoreng selama beberapa menit
3. Campurkan semua bahan yang digoreng tersebut
4. Bumbui dengan air jeruk nipis, cuka, gula dan garam jika perlu

Dari komplitnya menu sayuran yang menjadi pelengkap dari sambal ini tentunya akan lebih memberikan suasana yang berbeda sambil menyantap sayur yang sudah tenar di pecinta kuliner seperti resep sayur asem sebagai racikan tepat untuk mendapatkan kenikmatan yang sempurna saat sahur bersama.