Resep Sambal Cibiuk Sederhana Nikmat Khas Garut

Resep Sambal Cibiuk Sederhana Nikmat Khas Garut – Belum lengkap rasanya apabila dalam menu makanan tidak di sertakan colekan sambal, sehingga jarang sekali khususnya yang ada di indonesia ini makanan yang tidak di sertakan sambal dalam hidangannya.

Termasuk dari hadirnya sambal-sambal tradisional yang menjadi ikon dari kuliner nusantara ini, salah satunya dari sambal cibiuk garut, dimana pada prosee pembuatannya itu sangat mudah sekali tidak jauh berbeda dengan cara membuat resep sambal lainnya.

Namun yang membedakan di sini adalah citra rasanya yang begitu khas meskipun secara bahan dasar itu terbilang sangat sederhana sekali. Rasanya ini didapatkan dari ulekan spesial khas Garut yang terkenal akan kuliner tradisonalnya. Nah supaya tida penasaran. Berikut tahapan dari cara membuat resep masakan tradisional indonesia ini.

Resep Sambal Cibiuk Sederhana Nikmat Khas Garut

Bahan

2 cm kencur
1 ikat kemangi
1 sdt gula merah
garam secukupnya
3 siung bawang merah
10 buah cabai rawit hijau
2 cm terasi, bakar sebentar
5 buah tomat hijau, potong jadi 4 bagian

Cara Membuat

1. Haluskan bawang merah, cabai rawit, terasi, kencur, gula merah dan garam hingga halus
2. Lalu masukkan tomat dan ulek kasar hingga tomat agar hancur
3. Selanjutnya masukkan daun kemangi dan campur begitu saja

Sangat mudah sekali dalam pembuatannya, apalagi jika di sandingkan juga menu-menu makan yang lainnya seperti dari resep nasi goreng pete dengan rasa sederhana namun sungguh menggugah selera.