Resep Minuman Sumpah Ampel (Susu Rempah Ampel)

Resep Minuman Sumpah Ampel (Susu Rempah Ampel) – Sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh terutama bagi merke ayng sangat menginginkan efek manfaat dari menkonsumsi sebuah makanana ataupun ,inuman, seperti yang di buat dari resep rempah ampel yang dicampurkan dengan susu.

Dua bahan dasar tersebut rupanya menjadi bagian terpenting untuk bisa meracik minuman ini, bahkan untuk lebih mendapatkan rasa yang sesuai tanpa menghilangkan khasiatnya, maka resep makanan dan minuman ini bisa juga disandngkan dengan makanan menyehatkan lainnya.

Meskipun untuk pengolahannya itu harus terlebih dahulu melalui proses perendaman agar susu yang terapat di dalamnya itu tidak mudah basi dan terjaga kesehatannya. berikut cara mengolah resep minuman menyehatkan ini.

Resep Minuman Sumpah Ampel (Susu Rempah Ampel)

Bahan

5 ruas jahe
2 batang serai
3 butir merica
3 biji cengkih
3 cm kayu manis
5 gram kapulaga
1 biji cabe jamu
2 lembar daun teh
1 liter susu sapi segar
300 gram gula pasir (sesuai selera)

Cara Membuat

1. Semua bumbu dicuci bersih, lalu disangrai sampai kering di tumbuk sampai halus lalu ayak
2. Pasteurisasikan susu dg cara memanaskan smp suhu 62.8 – 65.6°C selama 30 menit
3. Didinginkan cepat pada suhu 10°C untuk membunuh bakteri serta dpt memperpanjang daya simpan karena menginaktifkan fosfatase dan katalase yaitu enzim yg dpt merusak susu.
4. Masukkan bahan bumbu kering, Lalu aduk2 rata
5. Angkat dan sajikan hangat

Atau bahkan juga diracik lagi dengan bahan dasar lainnya untuk lebih memberikan warna dan rasa yang berbeda seperti resep manisan pala yang telah di kenal oleh pecinta kuliner saat ini.